Kandungan Manfaat dan Khasiat Umbi Gadung Bagi Kesehatan

Kandungan Manfaat dan Khasiat Umbi Gadung Bagi Kesehatan - Tanaman Yang masih tergolong dalam jenis umbi-umbian ini memang terkenal sebagai tumbuhan beracun dan banyak didapat dalam olahan keripik yang mempunyai cita rasa tinggi. Namun untuk dapat dikonsumsi, gadung membutuhkan proses khusus agar dapat melunturkan racun sehingga mampu mengurangi atau menghilangkan kandungan racun didalamnya. Gadung disini masih termasuk dalam klasifikasi kerajaan plantae, keluarga atau family dari Dioscoreaceae dan mempunyai nama latin atau ilmiah . Nama panggilan lain juga dikenal dengan Gadu (Bima), Kapak(Sasak), Bitule (Gorontalo) dll.
Kandungan Manfaat dan Khasiat Umbi Gadung Bagi Kesehatan
Kandungan Manfaat dan Khasiat Umbi Gadung Bagi Kesehatan
Ciri khusus dari tanaman Gadung terdapat pada umbinya yang hampir sama dengan sobek dan pohonnya menjalar atau merambat melingkar pada pohon lain, daun berseling dan juga bunga terletak pada tandan serta kelopak bunga berwarna kuning. Namun yang sering dipertanyakan ialah : Apa ada manfaat gadung bagi kesehatan? Apa saja kandungan kimia pada gadung? Untuk kandungan, gadung mempunyai zat alkaloid, glikoprotein serta polisa karida.

Kandungan Manfaat dan Khasiat Umbi Gadung Bagi Kesehatan :
  • Mengobati penyakit kusta (Tahap awal)
  • Menghilangkan kutil, kapalan dan juga mata ikan.
  • Menyembuhkan luka akibat sipilis.
  • Mengurangi kejang pada perut (Diiris dan ditempelkan).
  • Menghilangkan nanah akibat luka atau borok.
  • Meringankan Gejala arthritis dan juga rematik.
  • Menurunkan kadar gula dan kolesterol dalam darah.
  • dll.
Untuk penggunaan :
Umbi yang sudah dicuci kemudian diparut atau dihaluskan. Selanjutnya dioleskan pada area yang sakit (Untuk pemakaian luar). Sedangkan untuk konsumsi, gadung bisa diiris tips kemudian direbus. Rendam dalam air sekitar 2-3 hari kemudian digoreng(Pembuatan keripik).

Nah itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai Kandungan Manfaat dan Khasiat Umbi Gadung Bagi Kesehatan. Semoga artikel singkat ini bisa berguna dan bermanfaat bagi orang banyak. Sekian dan sampai jumpa pada artikel kami selanjutnya.

0 Response to " Kandungan Manfaat dan Khasiat Umbi Gadung Bagi Kesehatan "

Posting Komentar

Harap Berkomentar dengan Baik Ya...!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *