Manfaat Dan Khasiat Kembang Telang Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Kembang Telang Untuk Kesehatan - Bunga atau kembang telang adalah salah satu tumbuhan merambat dalam suku polong-polongan yang mash dalam klasifikasi kerajaan plantae dan juga mempunyai nama latin atau ilmiah Clitoria ternatea. Bunga ini beraslah dari daratan Asia dan menyebar ke Negara lain yang masih mempunyai iklim topis. Kembang ini sering sekali dimanfaatkan sebagai bahan pewarna alami untuk pembuatan kue dan juga makanan lain yang membutuhkan warna cerah. Deberbagai negara Asia Tenggara seperti Malaysia dan Juga Thailand,bunga telang ini dijadikan pewarna ketan dan juga minuman.
Manfaat Dan Khasiat Kembang Telang Untuk Kesehatan
Deskripsi atau ciri sepintas dari Bunga telang sebenarnya mudah saja, Tanaman ini merambat, menjalar dengan bantuan media lain yang berada didekatnya dengan mencapai panjang atau ketinggian hingga sekitar 6m. Mempunyai warna bunga biru sangat terang dan juga bentuknya bulat telur dengan lebar sekitar 2-3cm. Namun yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja kandungan gizi atau senyawa kimia pada bunga telang? Mungkin jawaban singkat berikut bisa membantu!

Kandungan zat senyawa kimia alami kembang telang terdiri dari Antosianin, Aparajitim, Arabinos, Asam amino, Asam linoleat, Asam stearik beta-sitosterol, Flavonoid, Kaempfirol, Klitorin, Lakton, Lisin, Oligosakarida, Protein, Ramnos, Tematin, dan juga Xilos. Senyawa tersebut terbukti ampuh untuk mengatasi kendala dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Manfaat Dan Khasiat Kembang Telang Untuk Kesehatan :
  • Bersifat diuretik yang mempunyai kemampuan untuk melancarkan air seni.
  • Melancarkan sistem dari pencernaan, seperti BAB dan lain-lainnya.
  • Melancarkan Haid atau menstruasi yang tidak lancar.
  • Menghaluskan wajah dan menghilangkan jerawat.
  • Mengobati penyakit kulit seperti mempercepat pematangan bisul.
  • Pembersih mata dan menyembuhkan mata merah.
  • Menghitamkan dan mengutkan rambut.
  • dll.
Cara pemakaian :
Untuk konsumsi : Anda hanya butuh akar, daun atau bunga dari kembang telang yang kemudian bisa direbus dan diminum airnya. Rasa yang didapat mungkin agak sedikit pahit, maka dari itu and bisa menambhkan sedikit gula sebelum meminumnya. (usahakan dikonsumsi dalam keadaan hangat).
Untuk obat luar : Haluskan daun, akar atau bunga dan kemudian oleskan pada daerah yang ingin diobati. Cara ini bisa dilakukan untuk menyembuhkan bisul dan juga jerawat.
Sedangkan untuk mata, siapkan daun atau kembang kemudian rendam beberapa saat, selanjutnya tinggal pergunakan pada mata dengan cara merambang atau melek dalam air rendaman tersebut.
Dan yang terakhir yaitu untuk menguatkan dan menghitamkan rambut. Cara ini bisa dilakukan dengan cara menghaluskan bunga dan digunakan untuk pengganti sampo.

Nah mungkin itu dulu dari kami tentang Manfaat Dan Khasiat Kembang Telang Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi orang banyak. Sekian dari kami dan silahkan cek related post dibawah untuk informasi lain mengenai tanaman obat. Terima kasih!

6 Responses to " Manfaat Dan Khasiat Kembang Telang Untuk Kesehatan "

  1. Jelang Ramadhan dan dibulan Ramadhan ini
    Kami KC Nurseries Bogor, memberikan tambahan bagi anda yang memerlukan berbagai macam kebutuhan mengenai kembang Teleng /Bunga Teleng
    1. Bibit benih (Biji) yang dikemas dan berisi : 100 biji, 200 biji dan 500 biji atau lebih banyak lagi sesuai dengan permintaan/kebutuhan anda, akan kami tambahkan sampai 25% dari kebutuhan biji yang anda pesan
    2. Bunga Teleng kondisi segar (baru dipetik dari pohon) dalam kemasan berisi 200 bunga, 400 bunga, dan 500 bunga, atau lebih banyak lagi sesuai dengan permintaan/kebutuhan anda. Dan akan kami tambahkan 15% bunga dari yang anda pesan.
    3. Bunga Teleng yang sudah dikeringkan dalam kemasan, berisi 200 bunga kering, 400 bunga kering, dan 500 bunga kering, atau lebih banyak lagi sesuai permintaan/kebutuhan anda. Serta kami tambahkan 15% bunga kerig dari yang anda pesan.
    4. Bibit pohon kembang teleng yang belum berbunga, usia pohon antara 2 - 3 bulan dengan ketinggian 20 cm- 30 cm ( maaf saat ini stock terbatas.....)
    5. Pohon Kembang Teleng yang sudah berbunga antara 1 – 4 bunga dan bunganya bisa langsung anda petik sendiri.

    BalasHapus
  2. Tumbuhan ini kayaknya banyak terdapat di Pagar2....!

    BalasHapus
  3. wah sangat bermanfaat bgt. insya allah aq mw menanam kan tumbh2an ini dan gampang pula dr pd obat kimia

    BalasHapus
  4. Trims Gan Infonya, biasanya tanaman ini sebagai pakan ternak ternyata banyak manfaatnya ya

    BalasHapus
  5. Kembang teleng digunakan sebagai cara tradidional untuk mengobati mata, terutama pada bayi, budidaya tanaman ini belum dilakukan, mengingat belum ada yang memanfaatkan sebagai bahan herba untuk pengobatan mata

    BalasHapus
  6. kamipun menyediakan bunga teleng kering yg dikemas isi ; 110 bunga kering, isi ; 220 bunga kering..smua siap kami kirim.
    silahkan di order ke HP / WA 081548649707
    kami tunggu...

    BalasHapus

Harap Berkomentar dengan Baik Ya...!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *