Manfaat Dan Khasiat Akar Binasa Bagi Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Akar Binasa Bagi Kesehatan - Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya yaitu mengenai Manfaat dan khasiat Daun Encok untuk kesehatan, kali ini masih sedikit berkaitan yaitu akar binasa. Kedua jenis tanaman obat ini memang satu keluarga dan klasifikasi dari akar binasa adalah Tergolong dalam kerjaan Plantae serta mempunya nama latin atau ilmiah Plumbago indica. Akar binasa juga mempunyai sebutan yang berbeda pada setiap wilayah salah satunya adalah Ceraka merah dan mehulatu.
Manfaat Dan Khasiat Akar Binasa Bagi Kesehatan
Manfaat Dan Khasiat Akar Binasa Bagi Kesehatan
Mengenai penjelasan singkat tentang akar binasa, tanaman ini merupakan tumbuhan semak dengan batang dan akat yang tegak. Hampir sama persis dengan Daun encok namun berbeda pada bentuk daun serta warna pada bunga. Jika pada daun encok bunganya warna putih, akar binasa mempunyai warna bunga yang merah sedikit menyala. Tidak diketahui asal usulnya, Namun tumbuhan obat yang satu ini banyak tersebuar didaerah Afrika, Asia Seperti India dan juga Asia tenggara yang termasuk juga didalamnya adalah Indonesia.

Kandungan utama zat kimia yang terdapat pada akar binasa adalah Plumbagin dan plumbagon, namun jika ditelisik lebih dalam, ada juga zat lain yang ditemukan seperti plumbaginol, leukodelfinidin, dan steroid serta zat lain yang mungkin masih belum diketahui.

Dari beberapa kandungan sertazat yang tersimpan pada akar dan daun, tanaman ini mampu dimanfaatkan untuk mengobat penyakit :
  • Mengobati rematik dan nyeri sendi.
  • Obat alami sakit kepala.
  • Bersifat diuretik untuk mengobati asites dan kaki gajah.
Semua manfaat dan khasiat diatas dapat digunakan untuk obat luar serta dengan didampingi orang yang sudah paham dan pernah mencoba. Untuk penggunaan sementara atau sebentar, mungkin akar binasa sangat aman, namun untuk dosis yang berlebih, akar binasa akan menyebabkan kelumpuhan dan juga sesak nafas disebabkan karena akr bisa juga bisa membawa kematian.
Memang singkat dan tidak begitu panjang, namun kami harap dengan adanya artikel yang kami tulis ini, anda bisa terbantu dan lebih berhati-hati dalam menggunakan Akar Binasa untuk alternatif pengobatan tradisional. Sekian dari kami dan selamat membaca!
Selain Manfaat Dan Khasiat Akar Binasa Bagi Kesehatan, masih banyak lagi artikel yang sudah kami tulis mengenai Tanaman Obat Keluarga yang Lain. Untuk informasi yang lebih banyak, silahkan dibaca dengan melihat link pada sidebar atau juga pada related post dibawah.

0 Response to " Manfaat Dan Khasiat Akar Binasa Bagi Kesehatan "

Posting Komentar

Harap Berkomentar dengan Baik Ya...!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *