Manfaat Dan Khasiat Alang-alang Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Dan Khasiat Alang - alang memang jarang diketahui oleh sebagian orang. Namun seiring adanya iklan dan juga pengolahan mengenai ekstrak dari rumput liar ini, maka tidak sedikit juga yang sudah menggunakan Alang-alang sebagai obat alternatif. Masih dalam pembahasan klasifikasi kerajaan Plantae, Alang-alang merupakan sejenis tumbuhan yang dianggap gulma atau hama, Sehingga mungkin sebagian masyarakat hanya membuang dan membunuh tanaman ini tanpa mengetahui khasiat yang tersimpan didalamnya. Mempunyai nama latin atai ilmiah Imperata cylindrica. Alang-alang diduga berasal dari India dan tersebar hingga keseluruh pelosok dunia yang salah satunya adalah Indonesia. Alang-alang ini dapat tumbuh pada pematang sawah, adang, kebun atau tanah kosong lain yang tidak terpakai.
Manfaat Dan Khasiat Alang-alang Bagi Kesehatan Tubuh
Pada umumnya kalangan masyarakat di beberapa daerah hanya menggunakan bunga halus berwarna putih sebagai bahan bantal pengganti kapuk randu, dan menggunakan daunnya sebagai atap rumah. Namun yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja manfaat dan Khasiat alang-alang Bagi kesehatan tubuh manusia? Dan bagian mana dari tumbuhan alang-alang yang bisa dimanfaatkan sebagai obat? Karena prtanyaan sederhana inilah disini kami menulis sebuah rincian singkat yang mungkin bisa membantu menyelesaikan masalah mengenai keingintahuan yang sedang anda rasakan sekarang.

Untuk bahan obat, Alang-alang sering sekali dimanfaatkan akar atau rimpangnya sebagai jamu tradisional. Dengan cara merebus dan meminum airnya. Sedangkan untuk fungsi serta kegunaan, mungkin keterangan dibawah ini bisa menjawab.

Manfaat Dan Khasiat Alang-alang Bagi Kesehatan Tubuh :
  • Mampu mengobati sariawan dan bibir pacah-pecah.
  • Menyembuhkan panas dalam.
  • Bersifat diuretik (meluruhkan / melancarkan air seni)
  • Mengatasi sakit tenggorokan.
  • Sebagai obat kumur untuk menghilangkan bau mulut.
  • Menurunkan panas atau demam.
  • Memperlancar sistem pencernaan.
  • dll.
Manfaat yang didapat memang sangat sederhana dan penyakit ringan saja, namun sangat ampuh serta membantu menjaga kinerja dari sebagian organ tubuh. Meski terbilang rumput liar, ternyata alang-alang bisa dijadikan obat alternatif yang bisa didapat dengan mudah pada lingkungan sekitar.

Nah, demikianlah bahasan kami tentang Manfaat Dan Khasiat Alang-alang Bagi Kesehatan Tubuh. Semoga dengan artikel sederhana ini anda bisa lebih paham dan memaksimalkan kegunaan dari Rumput Alang-alang. Sekian untuk kali ini dan selamat membaca!

0 Response to " Manfaat Dan Khasiat Alang-alang Bagi Kesehatan Tubuh "

Posting Komentar

Harap Berkomentar dengan Baik Ya...!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *