Kandungan Manfaat Dan Khasiat Gambir Bagi Kesehatan

Kandungan Manfaat Dan Khasiat Gambir Bagi Kesehatan - Tanaman Obat yang kita bahas kali ini merupakan sebuah pohon perdu yang dimanfaatkan getahnya untuk obat. Gambir ini dikenal sebagai pendamping menyirih selain kapur sirih. Dan menurut klasifikasi, Gambir masih tergolong dalam keluarga Rubiaceae, kerajaan Plantae serta mempunyai nama latin atau ilmiah . Gambir bisa dibudidayakan namun juga bsa tumbuh dengan liar dalam hutan.

Ciri sederhana yang bisa dikenali, pohon gambir menjalar atau merambat dengan batang berduri, daun tunggal berhadapan, Bunga majemuk berbentuk bongkol, serta berkelopak pendek dengan mahkota berbentuk corong. Nah yang dipertanyakan adalah : Apa saja kegunaan serta khasiat Gambir bagi kesehatan? Yuk kita ulas dan cari tahu bersama.
Kandungan Manfaat Dan Khasiat Gambir Bagi Kesehatan
Kandungan Manfaat Dan Khasiat Gambir Bagi Kesehatan
Kandungan kimia Gambir diantaranya : Katekin, Flavonoid, Alkaloid, Tanin, Zat penyamak dll. Semua zat tersebut mempunyai fungsi cukup baik untuk dunia pengobatan herbal atau tradisional.

Kandungan Manfaat Dan Khasiat Gambir Bagi Kesehatan :
  • Mengatasi hepatitis serta masalah lain pada hati.
  • Melancarkan organ pencernaan seperti usus dan lambung.
  • Mengobati luka bakar.
  • Menghentikan diare dan juga disentri.
  • Mengurangi keluhan sakit kepala.
  • Obat kumur untuk menyembuhkan sariawan.
  • Antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • dll.
Untuk Penggunaan :
Cukup oleskan pada area yang sakit dengan mencampur sedikit air pada gambir yang dihaluskan. Dan juga bisa menyeduh bubuk gambir dengan air mendidih kemudian dikonsumsi atau diminum.

Dari beberapa keterangan yang sudah kami sebutkan diatas, Gambir terbukti sangat baik dan mampu membantu dalam menyembuhkan penyakit. Oleh karena itu tidak heran jika banyak negara yang mengimpor gambir dari Indonesia yang merupakan penghasil Gambir terbanyak.

Demikianlah mengenai Kandungan Manfaat Dan Khasiat Gambir Bagi Kesehatan, semoga kita bisa berjumpa lagi dalam postingan kami selanjutnya. Terima kasih dan selamat mencoba.

1 Response to " Kandungan Manfaat Dan Khasiat Gambir Bagi Kesehatan "

  1. Bagaimana cara menanamnya? Bagaimana dan di mana bisa didapatkan bibitnya?

    BalasHapus

Harap Berkomentar dengan Baik Ya...!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *