Khasiat Dan Manfaat Temu Kunci

Temu Kunci Adalah rimpang dari salah satu Jenis Tanaman Obat yang tergolong dalam kelompok temu-temuan / rimpang-rimpangan atau lebih dikenal dengan istilah Zingiberaceae. Temu kunci juga termasuk dalam jenis rempah-rempah pelengkap bumbu masakan. Dalam keseharaian masyarakat biasanya digunakan sebagai bumbu sayur berkuah seperti bayam dan juga daun kelor. Dalam klasifikasinya, Temu kunci diapit dalam kerajaan Plantae sehingga mempunyai nama latin atau ilmiah Boesenbergia rotunda. Untuk penyebaran, Temu kunci banyak ditemukan pada wilayah atau negara Bagian Asia Tenggara dan salah satunya termasuk juga Indonesia. Dan hal inilah yang menjadikan Indonesia khususnya pulau jawa banyak ramuan tradisional yang berasal dari Temu kunci, sebab selain bisa digunakan sebagai rempah, Temu kunci juga berfungsi sebagai obat alami yang mempunyai sifat anti racun yang cukup baik untuk kesehatan tubuh kita.
Khasiat Dan Manfaat Temu Kunci
Khasiat Dan Manfaat Temu Kunci
Ciri-ciri dari temu kunci sebenarnya sangat sederhana saja, Yaitu bentuk rimpang yang sangat berbeda dengan jenis atau keluarganya yang lain. Kalau pohonnya memang sama yaitu berbentuk terna, namun pada rimpang atau akar, perbedaan yang terlihat sangat jelas, Yaitu rimpangnya berbentuk akar tunggang namun bercabang pada bagian samping dengan pertumbuhan akar yang menjulur kebawah. Daging dari temu kunci berwarna kuning dan agak sedikit keras. Untuk melihat lebih jelas mengenai detail rimpang Temu kunci, silahkan anda lihat saja gambar diatas.

Dan yang selanjutnya adalah manfaat dari temu kunci bagi kesehatan, dan hal tersebut sebelumnya anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai kandungan gizi, Nutrisi dan kimia pada Temu kunci karena hal itulah yang menunjang betapa manfaatnya temu kunci untuk kesehatan. Dan diantara kandungan yang bisa didapat dari temu kunci bisa anda cek pada rincian berikut : Minyak atsiri (Kamfer, Sineol, Metil Sinamat, dan Hidromirsen), Damar, Pati, Saponin, Flavonoid, Pinostrolerin, dan Alipinetin. Dan dari beberapa zat tersebut, kesemuanya pasti ada efek baik untuk tubuh kita.

Sebenarnya masih banyak lagi pertanyaan mengenai Tanaman Obat Rimpang Temu Kunci ini, Dan dari salah satu pertanyaan yang kami dapat adalah : Apa saja Manfaat Temu Kunci Untuk Kesehatan? Dan Apa saja Khasiat Temu Kunci Untuk Kecantikan? Nah kedua pertanyaan tersebut kami ambil dari yang paling umum serta paling sering muncul untuk dipertanyakan, Oleh sebab itu kami berusaha memberikan jawaban yang memenuhi harapan seperti apa yang anda cari. Untuk melihat apa saja jawaban yang sudah kami pilih, Berikut sudah kami rangkum jawaban singkat, padat dan jelas yang sesuai untuk anda menurut versi kami.

Manfaat Temu Kunci Bagi Kesehatan :
  • Mengatasi Sariawan yang dsertai Panas dalam.
  • Menyembuhkan masuk angin yang disertai perut kembung.
  • Bersifat Diuretik atau melancarkan atau peluruh kencing.
  • Mengobati gatal-gatal atau iritasi kulit lainnya.
  • Mencegah tumor atau kanker menyerang tubuh.
  • Sebagai penambah energi atau tenaga alami.
Nah satu pertanyaan sudah kami jawab, namun untuk lebih lengkapnya, ada juga manfaat baik temu kunci untuk kecantikan. Sehingga bagi kaum wanita yang lebih sering memanfaatkan temu kunci sebagai bumbu menjadi lebih tahu mengenai fungsi lain untuk dirinya sendiri. Dan sebagai jawaban yang singkat namun jelas, Berikut rinciannya.

Khasiat Temu Kunci Untuk Kecantikan :
  • Mencegah dan mengobati keputihan
  • Mengurangi nyeri atau sakit pada saat datang bulan / menstruasi / haid.
  • Melancarkan menstruasi dan menjadikannya lebih teratur.
  • Sebagai Obat pelancar ASI pada ibu menyusui.
Nah itulah beberapa Khasiat Dan Manfaat Temu Kunci dari informasi yang kami dapat. Semoga dengan membaca artikel ini anda merasa terbantu dan sekaligus menambah wawasan mengenai pengetahuan tentang Tanaman Obat Keluarga.Sekian untuk kali ini, Doa'akan dilain waktu kami melakukan Update informasi yang lebih penting dan bermanfaat bagi anda. Selamat membaca!

1 Response to " Khasiat Dan Manfaat Temu Kunci "

  1. Yang butuh bibit Temu Kunci dan Delima (putih, merah ungu/hitam) bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com atau 082136712513 Siap kirim ke seluruh Indonesia. Trims Prabowo Jogja, Jakarta, Bandung, Medan, Denpasar, Balikpapan

    BalasHapus

Harap Berkomentar dengan Baik Ya...!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *