Khasiat Dan Manfaat Kapulaga

Tanaman Obat yang akan kami bahas kali ini yaitu Kapulaga. Mengenai penjelasan singkat, Kapulaga adalah sejenis buah dari tanaman suku jahe-jahean atau temu-temuan yang dimanfaatkan buahnya. Dalam klasifikasi dan familinya, Kapulaga termasuk dalam kerajaan Plantae serta mempnuyai keluarga Zingiberaceae dan masih dalam kelas Liliopsida. Kapulaga mempunyai nama latin atau ilmiah Amomum compactum dan mempunyai manfaat sebagai rempah yang merangkap dengan khasiat jamu didalamnya.
Khasiat Dan Manfaat Kapulaga
Khasiat Dan Manfaat Kapulaga
Kapulaga mempunyai banyak nama panggilan dalam setiap wilayah, seperti Kapulaga/Karkolaka pada daerah Bali, Garidimong ( Sulawesi Selatan), dan Kapulogo pada pulau Jawa. Dan masih banyak lagi nama panggilan lain yang berbeda wilayah serta suku, juga beda sebutan dan pengenalannya. Ciri dari tanaman kapulaga sangat sederhana saja, Pohon dan daun yang berbentuk terna, Hampir sama dengan jenis jahe-jahean yang lain. Rimpangnya menjalar seperti akar dalam tanah dengan tanda putih kekuningan pada daging rimpangnya, bunga berwarna putih kekuningan, tipis dan  mudah layu.

Namun yang dibahas disini bukanlah ciri maupun nama kelompok dari Kapulaga tersebut. Melainkan kita akan menggali dan mencari informasi tentang Manfaat Dan Khasiat Kapulaga Untuk Kesehatan. Namun, rasanya tidak lengkap juga jika tidak mengupas secara habis-habisan tentang Kapulaga ini. Perlu juga anda tahu bahwa kapulaga juga terbagi dalam dua jenis, yaitu kapulaga Jawa dan Kapulaga Sabrang/Seberang atau Kapulaga India. Tapi intinya disini manfaat maupun khasiat dari Kapulaga semua sama dan berakibat serta berdampak baik bagi kesehatan tubuh kita.

Dari beberapa kegunaan Kapulaga untuk kesehatan, Ada banyak kandungan didalamnya yang mendukung kinerja Kapulaga dalam mencegah dan menjaga tubuh kita tetap sehat. Salah satu kandungannya adalah Minyak atsiri yang mencakup banyak zat kimia baik didalamnya. Adapun zat kimia yang terdapat dalam minyak atsiri kapulaga adalah : Borneol/Terpena, Alfa terpinen, Cineol, alfa-terpinelasetat dan juga limonen. Sedangkan kandungan lain seperti Gizi dan nutrisi pada kapulaga yaitu : Sineol, Terpineol, Borneol, Protein, Gula, Lemak, Silikat, Betakamfer, Sebinena, Mirkena, Mirtenal, Karvona, Terpinil Asetat, dan Kersik. Dari beberapa jenis temu-temuan yang bisa digunakan sebagai obat herbal alami, Kapulaga merupakan yang paling lengkap, sebab semuanya bisa berfungsi dan dapat digunakan untuk Obat Alami. Dari mulai Akar/Rimpang, Batang, Daun, Buah serta bijinya.

Dan yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja Manfaat Dan Khasiat Kapulaga Untuk Kesehatan? Dari pertanyaan tersebut, kami akan mencoba menjawab dengan singkat, padat namun jelas. Dan beberapa jawaban dibawah ini bisa membantu!

Manfaat Dan Khasiat Kapulaga Bagi Kesehatan tubuh :
  • Menguatkan tulang atau mencegah tulang keropos/osteoporosis.
  • Sebagai antioksidan / menjaga daya tahan tubuh terhadap radikal bebas.
  • Menyembuhkan nyeri sendi, Otot, Pegal linu dan menghilangkan capek akibat kerja.
  • Meningkatkan kinerja ginjal untuk menawarkan racun.
  • Menjaga kesehatan jantung.
  • Mengobati gusi bengkak dan menghilangkan nyeri pada gigi.
  • Melancarkan sirkulasi atau peredaran darah.
  • Menjaga kesehatan lambung.
  • Melancarkan sistem pencernaan.
  • Meredakan pusing, sakit kepala, Ngelu, Migrein/migrain, stress dan juga depresi.
  • Mengobati sakit tenggorokan dan menjernihkan kualitas suara.
  • Mengobati flu
  • Menyembuhkan batuk.
Dari kumpulan manfaat diatas, masih banyak lagi khasiat lain yang tersembunyi dalam kapulaga yang merupakan bahan utama bumbu masakan ini. Salah satunya adalah pada bidang kecantikan. Oleh karena itu, Para ibu atau kaum wanita yang suka memasak, ada baiknya jika mengetahui kegunaan lain tersebut. Dan manfaat Kapulaga untuk kecantikan tersebut adalah :
  • Sangat berguna untuk membakar atau melunturkan lemak untuk diet.
  • Mencegah keriput dan menghilangkan garis halus pada wajah.
  • Menjaga kelembapan serta kekencangan kulit.
  • Mencerahkan kulit dan mengecilkan pori-pori.
  • Mencegah rambut rontok dan menghilangkan ketombe.
Demikian ulasan sepintas mengenai Khasiat Dan Manfaat Kapulaga, semoga dengan membaca artikel ini, anda bisa lebih paham serta lebih memanfaatkan kapulaga dengan maksimal. Sekian dari kami dan selamat membaca!

0 Response to " Khasiat Dan Manfaat Kapulaga "

Posting Komentar

Harap Berkomentar dengan Baik Ya...!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *