Manfaat Dan Khasiat Kunir Atau Kunyit Bagi Kesehatan

Manfaat kunyit memang sudah tidak asing lagi bagi kehidupan sehari-hari. Entah itu sebagai bumbu atau rempah masakan, Kunyit juga sangat baik untuk dijadikan jamu atau alternatif pengobatan tradisional. Sehingga tak sedikit yang menganggap bahwa kunyit lebih sering digunakan untuk jamu dari pada bumbu masakan. Dalam klasifikasi dan deskripsi singkat, kunyit mempunyai nama latn atau ilmiah Curcuma longa, termasuk dalam kerajaan plantae dan masih keluarga dengan Jahe serta Temu kunci yang tergolong dalam jenis temu-temuan , jahe-jahean atau rimpang-rimpangan. Karena yang paling banyak digunakan adalah rimpang atau akarnya untuk kebutuhan sehari-hari. Kunyit berasal dari Asia Tenggara seperti Indonesia dan negara tetangga lainnya.
Manfaat Dan Khasiat Kunir Atau Kunyit Bagi Kesehatan
Manfaat Dan Khasiat Kunir Atau Kunyit Bagi Kesehatan
Dalam segi fungsi dan pemanfaatan, kunyit sangat banyak sekali membantu dalam menjaga serta merawat kesehatan. Dan semua hal tersebut juga tak luput dari kandungan didalamnya. Kunyit juga dipatenkan dalam beberapa produk kesehatan seperti kapsul, sirup dan lain-lainnya. Dengan manfaat dan khasiat yang cukup baik, tidak heran jika hasil dari produk tersebut dijual dengan harga yang relatif tinggi atau mahal. Namun, dilihat dari segi penghematan, anda juga bisa membuat sendiri beberapa ramuan tradisional yang berbahan kunyit, sehingga meski hasil dari kebun sendiri namun tidak kalah dengan produk luar atau pabrikan.

Kandungan kimia atau sumber zat lain pada kunyit memang terbilang cukup banyak, dan beberapa diantara kandungan kunyit yang berkhasiat obat tersebut tidak dipungkiri juga ikut membantu menjaga daya tahan atau menguatkan sistem imun. Salah satu kandungan dari kunyit tersebut adalah : Pati. Lemak, Protein, Vitamin C, Karbohidrat, Fosfor, Kalsium, Zat besi. Dan kandungan zat kimia berupa : Borneon, Sabinen, Kurkumin, turmeron, Tumeon dan lain-lain.

Penggunaan pada bahan masakan, kunyit ini biasanya digunakan pada bumbu untuk Gulai atau rawon yang mempunyai cita rasa yang cukup tinggi. Yang paling moncolok dari kunyit adalah warna yang begitu kuning sehingga sangat cocok untuk dijadikan pewarna alami untuk makanan selain pandan dan tumbuhan lain. Sedangkan untuk obat, kunyit sering dijadikan jamu tradisional yang mempunyai manfaat serta khasiat yang cukup unggul dibanding dengan sejenisnya. Jika penasaran, berikut kami rangkum beberapa keterangan singkat mengenai kegunaan kunyit untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Dan Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan :
  • Mampu meredakan demam atau tubuh yang panas.
  • Mengobati perut kembung dan keluhan lain mengenai lambung.
  • Melancarkan sirkulasi darah dengan mencegah penggumpalan.
  • Sebagai obat anti septik, Anti kejang , Anti alergi dan anti gatal.
  • Menngobati hidung tersumbat dan mempercepat penyembuhan flu.
  • Sebagai antioksidan yang cukup baik untuk membentengi tubuh dari serangan penyakit.
  • Obat alternatif untuk hepatitis.
  • Anti kanker, Tumor, HIV, Kolesterol, dan anti mikorba /radikal bebas.
  • Mengobati nyeri sendi dan juga rematik.
  • Menyembuhkan tifus, usus buntu, diare dan disentri.
  • Menyelesaikan masalah keputihan dan melancarkan haid.
  • Melancarkan produksi ASI pada ibu yang sedang menyusui.
  • Dan masih banyak yang lainnya.
Untuk sekedar tips pembuatan jamu dari kunyit, cukup cici bersih beberapa rimpang kemudian halus dengan diparut. Peras airnya dan kalau bisa direbus dulu dengan menambahkan sedikit garam untuk sedikit meredam rasa pahit. Selanjuntya minum selagi hangat.

Tips lain untuk membuat minuman kesehatan Sinom adalah :
# Siapkan beberapa rimpang kunyit dengan memotongnya tips tips.
# Sediakan segenggam daun pucuk asam yang masih muda.
# Taruh dalam wadah kemudian seduh atau siram dengan air mendidih.
# Konsumsi secara rutin sehari dua hingga tiga kali.

Demikianlah bahasan kami mengenai Manfaat Dan Khasiat Kunir Atau Kunyit Bagi kesehatan, semoga dengan membaca artikel kami yang singkat ini, anda bisa terbantu dan termotivasi untuk lebih sering mengkonsumsi kunyit. Sekian dari kami dan selamat membaca!

1 Response to " Manfaat Dan Khasiat Kunir Atau Kunyit Bagi Kesehatan "

Harap Berkomentar dengan Baik Ya...!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *