Manfaat dan Khasiat Kencur Bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Kencur Bagi Kesehatan - Tumbuhan obat yang kali ini merupakan salah satu keluarga dari Zingiberaceae yaitu sejenis temu-temuan. Dengan Klasifikasi dari kerajaan Plantae, Kencur masih satu keluarga dengan Temulawak dan lain-lainnya. Kencur sendiri mempunyai nama latin atau ilmiah Kaempferia galanga. Dan tanaman obat kencur ini pada terdapat atau baik tumbuh pada daerah yang mempunyai tanah gembur. Entah itu pada daratan rendah maupun tinggi.
Manfaat dan Khasiat Kencur Bagi Kesehatan
Ciri dari temu kencur ini sangat mudah sekali. Kencur banyak digunakan sebagai bahan rempah pelengkap bumbu masakan dan mempunyai bentuk yang kecil dengan warna kulit kecoklatan dan daging rimpang berwarna putih. Aroma yang didapat sangtlah khas serta memberi efek hangat pada tubuh. Jadi memang tidak dipungkiri bahwa tanaman kencur tersebut sangat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

Tidak diketahui secara pasti, namun kencur ini diduga berasal dari India, namun untuk sekarang inikencur sudah banyak tersebur keseluruh wilayah Asia yang salah satunya adalah negara kita Indonesia. Kencur mempunyai nama panggilan yang berbeda pada setiap wilayah, salah satunya yaitu Kencor Madura, Sukung Manado, kencur Jawa, dan lain-lainnya. Dan yang sering dipertanyakan adalah : Apa saja manfaat dan khasiat serta kegunaan dan kandungan yang terdapat pada kencur? dan demi menjawab pertanyaan tersebut, kami sudah merngkum beberapa jawaban singkat yang mungkin bisa membantu mengatasi keingintahuan anda. Berikut rinciannya :

Pertama kita cari tahu terlebih dahulu kandungan kimia baik pada kencur, dan diantara kandungan tersebut adalah : Air / Mineral, Pati, gom dan Minyak Atsiri berupa : Etil Ester, Borneol, Sineol, Kamphene, Asam Anisat, Alkaloid, Paraeumarin, Asam Metil kanil, Asam Sinamat dan Penta dekaan.

Beberapa diantara manfaat kencur bagi kesehatan adalah :
  • Mampu menambah selera makan khususnya bagi anak kecil.
  • Menghangatkan tubuh
  • Mengobati masuk angin.
  • Mengeluarkan angin yang diakibatkan perut kembung.
  • Melancarkan sistem pencernaan.
  • Sebagai antioksidan
  • Penambah tenaga alami
  • dll.
Kencur memang kebanyakan dikenal sebagai bahan bumbu masakan seperti urap atau juga masakan lain yang ingin mempunyai aroma agak hangat dan sedikit pedas. namun siapa sangka jika kencur juga mempunyai khasiat obat yang bisa mencegah dan mengobati penyakit ringan.

Nah itu ringkasan sederhana mengenai Manfaat dan Khasiat Kencur Bagi Kesehatan, semoga dengan membaca tulisan kami ini, anda bisa terbantu dan lebih memaksimalkan kegunaan dari kencur tersebut. sekian untuk kali ini dan selamat membaca!

0 Response to " Manfaat dan Khasiat Kencur Bagi Kesehatan "

Posting Komentar

Harap Berkomentar dengan Baik Ya...!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *