Kandungan Manfaat dan Khasiat Sereh Bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Sereh atau Serai - Pada umumnya tanaman yang termasuk dalam jenis rumput-rumputan ini banyak digunakan sebagai bahan rampah pelengkap bumbu masakan seperti rendang, rawon, kare atau masakan yang menggunakan bahan daging. Namun aroma yang begitu khas dan harum, kadang Sereh atau serai juga bisa dijadikan minuman segar yang berkhasiat untuk menyegarkan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Serai masih dalam kerajaan Plantae dan mempunyai nama latin atau ilmiah Cymbopogon citratus. Dan pertumbuhannya sangat bagus didaerah tropis sehingga banyak didapat di pinggir selokan, pinggir jalan atau tempat-tempat lain yang mempunyai tanah dengan kandungan air cukup tinggi atau lembab.
Kandungan Manfaat dan Khasiat Sereh Bagi Kesehatan
Yang jadi pertanyaan disini adalah apa saja kandungan gizi, nutrisi atau senyawa pada sereh? Dan apa saja Manfaat serta khasiat sereh Untuk kesehatan? Nah pertanyaan inilah yang mendorong kami untuk berbagi tulisan kami yang sederhana ini. Untuk pertanyaan pertama, Sereh banyak sekali mengandung minyak atsiri dan senyawa lain yang fungsi dan kegunaannya cukup baik bagi tubuh manusia. Sehingga secara tidak sengaja, dengan kita mengkonsumsi olahan dari Daun atau batang serai maka kita sudah menerapkan hidup sehat secara alami. Untuk jawaban kedua, yuk lanjut membaca!

Kandungan Manfaat dan Khasiat Sereh Bagi Kesehatan :
  • Melancarkan dan menyehatkan sistem dari pencernaan.
  • Mengatasi gula darah atau diabetes.
  • Penambah darah dan mengobati anemia / kurang darah.
  • Anti septik, Anti Inflamasi, Dan juga Antikanker.
  • Mengatasi infeksi yang diakibatkan oleh jamur.
  • Melancarkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Mencegah insomnia atau penyakit susah tidur.
  • Membakar lemak dan menurunkan berat badan.
  • Menghaluskan kulit dan menjaga tetap lembab.
  • Peluruh kencing atau melancarkan saluran kemih.
  • dll.
Untuk penggunaan normal, masyarakat biasa menggunakan sebagai bumbu. Namun untuk menjadikan serai sebagai minuman sehat, maka ada beberapa bahan lain untuk melengkapi agar hasil yang didapat semakin maksimal. Untuk pembuatan, siapkan 1 batang serai yang masih segar, Geprek hingga setengah hancur. Tambahkan sedikit parasan jeruk nipis dan juga bisa menambahkan satu setengah sendok makan gula pasir (takaran ini untuk 1 gelas / 200cc). Rebus air sekitar 1 setengah gelas hingga mendidih, kemudian siram atau seduh daun atau pohon serai tersebut dengan menggunakan wadah agak besar. Minum selagi hangat dan rasakan hasilnya.

Kandungan Manfaat dan Khasiat Sereh Bagi Kesehatan ini memang sederhana, namun inbasnya cukup terbukti dalam menyehatkan tubuh. selamat mencoba ya...! Semoga apa yang kami bagikan ini bisa berguna dan membantu orang banyak. Sekian untuk kali ini, jika masih kurang silahkan lihat pada related post dibawah!

0 Response to " Kandungan Manfaat dan Khasiat Sereh Bagi Kesehatan "

Posting Komentar

Harap Berkomentar dengan Baik Ya...!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *