Manfaat Dan Khasiat Sayur Kecipir Bagi Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Sayur Kecipir Bagi Kesehatan - Kecipir ialah salah satu jenis sayur yang pohonnya merambat hampir sama dengan buncis dan juga kacang panjang, namun media yang digunakan biasanya lebih tinggi dan membutuhkan bantuan tanaman lain untuk merambat. Menurut dari klasifikasi ilmiah, Kecipir mempunyai nama latin Psophocarpus tetragonolobus. Dan mempunyai nama panggilan berbeda pada setiap wilayah. Contohnya : Cipir / kecipir (Jawa), Kceper (Madura), Biraro (Ternate) dll.
Manfaat Dan Khasiat Sayur Kecipir Bagi Kesehatan
Pembudidayaan dari Sayur kecipir sangatlah mudah. Yaitu dengan menyemai biji yang sudah kering pada saat musim penghujan. Tumbuhnya biasanya bisa ditemukan pada tegal, ladang atau lahan kosong dipekarangan rumah. Dan untuk bahan konsumsi, sayur kecipir sangat enak dipanen buanya pada saat masih muda untuk dijadikan lalapan atau sayur berkuah. Sedangkan untuk buah yang sudah kering, bijinya bisa disangrai dijadikan cemilan. Nah yang sering dipertanyakan adalah : Apa saja kandungan gizi atau nutrisi pada sayur kecipir? Dan apa saja manfaat serta khasiat kecipir untuk kesehatan? Oleh karena pertanyaan tersebutlah, disini kami mencoba menjawab sebisa mungkin dan seringkas mungkin juga sehingga bisa dimengerti dengan jelas dan mudah.

Beberapa kandungan gizi atau nutrisi pada kecipir sangatlah bervariasi. Kandungan tersebut merupakan senyawa-senyawa yang baik untuk tubuh. Adapun diantara kandungan tersebut ialah : Air, Lemak, protein, kalsium, fosfor, magnesium, Vitamin C, Karbohidrat, Vitamin A, Zat besi, mangan, Kalium, Asam Folat, Natrium, seng, Niacin, Riboflavin, Thiamine dan lain-lainnya.

Nah untuk menjawab pertanyaan selanjutnya, berikut kami sudah merangkum beberapa kegunaan kecipir bagi kesehatan. Tak hanya sevagai antioksidan saja, melainkan juga banyak khasiat lain yang masih perlu anda tahu didalamnya. Penasaran? Yuk kita ulas bersama!

Manfaat Dan Khasiat Sayur Kecipir Bagi Kesehatan :
  • Antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas.
  • Menyehatkan mata dan menjernihkan pandangan.
  • Sebagai penambah tenaga alami.
  • Menguatkan dan menjaga kepadatan tulang dan gigi.
  • Mencerdaskan dan meningkatkan kinerja otak.
  • Mencegah anemia atau kurang darah.
  • Melancarkan sirkulasi atau peredaran darah dalam tubuh.
  • Menyehatkan janin bagi ibu mengandung.
  • dll.
Kecipir tak hanya dimanfaatkan buahnya saja, namun daunnya juga berkhasiat obat. Pengunaan ekstark dari daun kecipir bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit bisul, sakit telinga dan juga mengobati mata yang bengkak.

Nah itu ringkasan sederhana mengenai Manfaat Dan Khasiat Sayur Kecipir Bagi Kesehatan. semoga dengan membaca artikel kami ini, anda bisa terbantu dan mengetahui lebih lanjut apa saja kandungan dan juga kegunaan kecipir bagi hidup kita. Sekian dan selamat membaca!

Dikutip dari : 15 Manfaat Kecipir Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

3 Responses to " Manfaat Dan Khasiat Sayur Kecipir Bagi Kesehatan "

  1. Yang penting kecipir muda di rebus atau masukkan dalam air mendidih sebentar aja makan bersama nasi hangat tambah sambal, enak sekali, enak makan

    BalasHapus
  2. mantap sekali, saya penderita tekanan darah rendah, terimakasih artikelnya.

    BalasHapus
  3. Wah baru tau kalau kecipir itu kaya akan gizi, terima kasih atas artikelnya.

    Kunjungi juga kami:
    ' sengon solomon jaguar '
    Kami jual bibit siap tanam.

    BalasHapus

Harap Berkomentar dengan Baik Ya...!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *