Manfaat Wresah Atau Hanggasa Untuk Kesehatan

Wresah atau Hanggasa merupakan salah satu jenis tumbuhan yang juga mempunyai kemampuan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Masih dalam klasifikasi kerajaan plantae, Wresah ialah semacam bumbu rempah pengganti Kapulaga yang mempunyai rasa agak masam dan mempunyai nama latin atai ilmiah dengan sebutan Amomum dealbatum. Wresah sendiri banyak sekali mempunyai nama daerah, sehingga mungkin sobat lebih mengenal dengan panggilan tersebut diantaranya : Wresah (Jawa), Hanggasa, Ranggasa (Sunda), Renggak (Lombok) dan masih banyak lagi yang lainnya.

Wresah masih tergolong dalam suku rimpang atau jahe-jahean dengan ciri yang hampir sama dengan keluarganya. Termasuk tumbuhan terna dengan bentuk daun melonjong atau jorong. Bunga majemuk dan berbuah kotak. Mungkin untuk lebih jelasnya sobat bisa melihat cuplikan gambar.
Manfaat Wresah Atau Hanggasa Untuk Kesehatan
Manfaat Wresah Atau Hanggasa Untuk Kesehatan
Nah yang jadi permasalahan disini adalah : Apa saja sih manfaat serta khasiat wresah bagi kesehatan? Banyak juga yang menggunakan pucuk dari buah untuk menghilangkan dan mengatasi mata merah. entah itu karena sakit maupun iritasi akaibat polusi. Terus bagaimana cara menggunakan? Berikut resp mudahnya!
  • Siapkan Setengah dari pucuk buah.
  • 50cc air putih bersih.
  • Cuci buah dan haluskan kemudian dicampur dengan air.
  • Peras dan saring.
  • Untuk menggunakan, sobat tinggal meneteskan perasan air tersebut ke mata.
Nah selain kegunaan yang sudah kami sebutkan diatas, banyak juga fungsi lain dari tumbuhan hanggasa ini. Salah satunya ialah sebagai sambal, Pewarna makanan alami, dan juga bumbu masakan dengan cita rasa yang lebih segar.

Yang disayangkan disini adalah mengenai sulitnya untuk mendapat pohon atau buah dari wresah ini. Jadi jika sobat mempunyai apotik hidup dirumah, harap dijaga baik-baik. Selain berguna untuk diri sendiri, hal lain yang bisa muncul ialah sebagai ladang penghasilan bagi sobat.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai Manfaat Wresah Atau Hanggasa Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan menjadi salah satu referensi dalam menambah pengetahuan tentang tanaman obat. Sekian dan salam sehat dari kami!

5 Responses to " Manfaat Wresah Atau Hanggasa Untuk Kesehatan "

  1. Dirumah banyak tumbuhan ini sih udah kayak rumput liar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Beng Ria, saya sudah lama sekali mencari pohon ini, tinggal dimana?
      Apakah saya bisa mendapatkan pohonnya.
      Terimakasih

      Hapus
  2. Halo pak hajir. Saya dr lombok. Di tempat saya banyak pak . Silahkn kontak dwimusa92@gmail.com untuk memesan

    BalasHapus
  3. Waktu masih kecil dulu suka makan hanggasa.rasanya enak,manis keasam asaman.tp klo skarang ngga tau di tasikmalaya msih ada apa ngga

    BalasHapus
  4. Kebetulan saya punya kebun ada tumbuhan wresah nya bisa saya coba kasiat n manfaatnya sob

    BalasHapus

Harap Berkomentar dengan Baik Ya...!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *