Daftar Jenis Tanaman Obat Akar atau Rimpang

Daftar Jenis Tanaman Obat Akar atau Rimpang - Dari beberap tumbuhan obat yang sudah kami bagikan sebelumnya, Rimpang merupakan salah satu jenis obat alami yang paling banyak digunakan. Manfaat lain dari rimpang tersebut bisa saja digunakan sebagai bahan rempah pada setiap bumbu masakan. Seperti contohnya lengkuas, Kencur da lain-lainnya. Dan untuk kali ini kami akan berbagi secara lengkap beberapa rimpang obat yang mungkin sedang ingin anda ingin tahu manfaat serta khasiat yang tersimpan didalamnya.
Daftar Jenis Tanaman Obat Akar atau Rimpang
Rimpang sering dikenal dengan Zingiberacea, dan bagi kaum temulawak dan lengkuas, nama ilmiah yang digunakan pasti tidak luput dengan Curcuma, Nama ini bisa anda lihat pada setiap bungkus jamu bubuk yang sudah banyak diperjual belikan. Rimpang banyak sekali macamnya, ada yang berbentuk besar serta ada juga rimpang mini. Tapi anda tidak bisa melihat dari namanya saja, melainkan juga harus tahu apa saja manfaat besar pada setiap rimpang obat tersebut.

Kami berbagi ini karena sering terlontar pertanyaan yang sangat butuh dijawab sehingga kami mempunyai inisiatif untuk menulisnya buat anda. Agar pengetahuan anda tentang tanaman Obat bisa lebih luas dan lebih memanfaatkan secara maksimal tentang Obat rimpang tersebut. Beberapa dari Daftar Jenis Tanaman Obat Akar atau Rimpang ialah :
  • Temulawak : rimpang yang paling umum dikenal ini mempunyai warna yang cukup mudah dikenal, dan manfaat yang bisa didapat bagi kesehatan sangatlah banyak. diantara manfaat yang bisa anda ketahui ialah sebagai obat penambah selera makan, sembelit, membantu memperlancar produksi ASI, Menurunkan kolesterol darah, obat sakit maag, mencret dll.
  • Bangle : tanaman obat tidak jauh beda khasiatnya dengan temulawak, namun bisa dibilang manfaat yang didapat bisa berbeda. Bangle bisa digunakn untuk obat pusing atau sakit kepala, Nyeri perut, Susah BAB, Hepatitis / sakit kuning, dan juga sangat bagus untuk menguruskan tubuh.
  • Jahe : Rimpang jahe juga sangat familiar, manfaatnya sangat bagi untuk menghangatkan tubuh, selain itu, jahe juga untuk mengatasi masuk angin, melegakan pernafasan, mengobati sakit pinggang, mual, nyeri otot dll.
  • Kunyit : Rimpang yang mempunyai fungsi sebagai bahan pewarna almi ini juga berkkhasiat untuk mengobat beberapa jenis penyakit. Salah satu dari khasiat kunyit ialah untuk mendinginkan dan menurunkan demam, mengobati diare, hepatitis atau penyakit kuning, kejang-kejang, masuk angin dll.
  • Kencur : Kencur ini  sangat baik sekali digunakan untuk menghangatkan tubuh, meredakan sakit kepala, batuk, dan juga membantu mengeluarkan dahak, dll.
  • Lengkuas : Obat alami lengkuas memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Selain kegunaannya sebagai rempah masakan, Lenguas ini juga bisa digunakan untuk obat kulit seperti menuntaskan jamur seperti Panu, kadas, kurap. manfaat lain yang bisa didapat ialah sebagai anti jamur dan antifungi.
  • Temu Giring : Manfaat yang bisa didapat dari temu giring ini juga sangat ampuh untuk berbagai penyakit. selain bisa menyembuhkan sakit perut, temu giring bisa digunakan untuk obat cacing dan juga membakar lemak yang mampu melangsingkan tubuh.
  • Lempuyang : Rimpang obat ini sangat jarang sekali ditemui, bahkan bisa saja dibilang hampir punah. Khasiat bagi kesehatan amatlah banyak, kegunaannya sebagai obat diare dan disentri sangat ampuh. Selain itu juga bisa digunakan sebagai obat pelangsing serta bisa menambah selera makan.
  • Temu Hitam : Obat alami ini sering disebut juga dengan Temu Ireng khususnya pada daerah Jawa. manfaat bagi kesehatan ialah Obat cacing, Mengatasi lemah, letih, lesu, melancarkan peredaran darah serta bisa digunakan sebagai penambah tenaga.
Itu sedikit mengenai Daftar Jenis Tanaman Obat Akar atau Rimpang, semoga bisa membantu dan berguna bagi anda semuanya. Sekian dari kami dan sampai jumpa pada postingan kami selanjutnya. tau untuk mendapat informasi lain, anda bisa menggunakan bar pencarian diatas. Terima kasih!

0 Response to " Daftar Jenis Tanaman Obat Akar atau Rimpang "

Posting Komentar

Harap Berkomentar dengan Baik Ya...!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *